Pages

Rabu, 01 Agustus 2018

NIKMATNYA RAMEN HALAL DI JEPANG

Siapa yang tidak kenal ramen?
Kalau ada yang belum kenal, mariii berkenalan. ^^

Ramen adalah salah satu jenis makanan berupa mie yang disajikan berkuah dengan rasa gurih berkaldu. Biasanya menggunakan kaldu ayam, daging atau seafood. Makanan ini saya kenal saat membaca manga dan menonton anime. Jangan tanya, apa itu manga. Serius ada yang nggak tau. Hihi, dajobu, tidak apa apa.
Manga itu seni komik Jepang, sedangkan manga yang menjadi animasi disebut anime.

Bagi muslim, menyantap makanan memiliki aturan yang wajib diikuti, seperti makanan halal dan baik. Berbicara mengenai halal, beberapa aturan ke-halal-an makanan bagi muslim seperti: dimasak oleh sesama muslim, asal makanan dan proses bukan daging atau apapun dari olahan babi, hewani yang disembelih dengan mengucapkan basmalah (kecuali binatang laut) dan tidak hidup di dua alam.

Pertimbangan makanan halal menjadi prioritas saat mengunjungi negera dimana sedikit muslim sehingga akan berbeda pula pola dan proses penyajian makanannya. Salah satunya Negeri Sakura, di sini akan cukup menantang dalam memperoleh kios atau restoran yang menyajikan makanan halal.

Alhamdulilah, saat saya mengunjungi Asakusa, dua tahun yang lalu (lihat tulisan saya sebelumnya mengenai alasan bermusim dingin di Jepang, http://lialifeloveadventures.blogspot.com/2018/08/5-alasan-mengapa-musim-dingin-di-jepang.html ) saya ditemani teman asli negeri sakura beruntung dapat mencicipi ramen yang diolah dan dimasak oleh muslim asli Jepang. Letaknya di belakang Kuil Budha Senso-ji di Asakusa. Bersebrangan dengan kios roti yang terkenal di sana (maaf, saya lupa namanya).
Senso-ji temple, Asakusa (February, 2016)


Mangkuk pertama, ramen ayam

Insyaallah di sini halal

Narita-ya, Asakusa (Took by Ameldalia, 2016)

Selasar deretan toko di sekitaran Kuil Senso-ji, Asakusa (Took by Ameldalia, 2016)

Naritaya tampak dari depan

Mangkuk kedua ^^


Setelah alhamdulillah mencicipi dua mangkok mie. Saya iseng bertanya mengenai rasa dari mie yang kami santap tadi. Menurut mereka yang asli Jepang, mie tadi sangat enak karena rasanya original seperti mie yang mereka santap biasanya. Oishii. Lalu kami dengan langkah mantap dan kaki yang kuat melanjutkan perjalanan mengunjungi Skytree (di tulisan berikutnya ^^). Ganbatte!!!

Tetap hidupkan mimpi!!

Sincerely,

Lia

#ramen #miejepang #makanankhasjepang #winterinjapan #musimdingin #makan #foodporn #soba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com